PERBEDAAN MICROSOFT WORD DAN OPEN OFFICE

Sudah tidak asing lagi bagi kita dengan istilah “Microsoft Office dan Open Office”, software ini merupakan sebuah perangkat lunak perkantoran yang dipakai untuk menulis, menginput, menyimpan, megirim, menghitung , pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, dan formula editing. 
Software yang selama ini telah dikenal merupakan  Microsoft Office dan open office, atau bahkan mungkin pekerjaan yang mengharuskan tiap hari berkutat dengan Microsoft Office Word, Excel dan Powerpoint. tetapi Aplikasi Perkantoran Microsoft Office itu tidak gratis pada dasarnya dan Software tersebut tidak murah harganya. Sedangkan yang pada pembahasan mengenai OpenOffice itu sendiri.  OpenOffice adalah software atau aplikasi yang didapat dengan tidak membayar atau gratis. Apakah anda sudah mengenalnya? Atau anda sudah menggunakannya? Atau bahkan anda belum pernah mengetahuinya?

Ditempat saya berkerja semua komputer sudah menggunakan OpenOffice, kecuali bagian accounting, karena masih ada keraguan dari pengguna untuk rumus atau fungsi fungsi tertentu.
Secara implisit yang bisa diringkas dalam perbedaan keduanya adalah :
Perbedaan ms. Office dengan open office
1. Open office diperoleh secara Gratis sedangkan ms. Office tidak.
2.Menu dan interface pada ms. Office berbeda peletakannya dengan open office.
3. Penggunaan Mail merge pada open office jauh lebih fleksibel dan lebih mudah dibanding mail merge ms.office.
4. Open office dapat membuka ms. Office, sedangkan ms. Office tidak.
5. Open office dapat menhasilkan file pdf, sedangkan ms. Office harus menggunakan plugin.
6. Open office memerlukan spek komputer yang lumayan tinggi, sedangkan ms. Office tidak.

Microsoft Office

Microsoft office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis windows dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan tidak dapat diperoleh secara gratis. Dilihat dari masing – masing pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi dari ms. Office dengan open office sama yaitu berfungsi sebagai software yang dapat mengolah kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing.
Produk Microsoft Corporation ini sudah sekali kita yang selalu berhadapan dengan pekerjaan kantor atau tugas sekolah atau kuliah. Bahkan kita sudah menganggap bahwa jika kita ingin mengetik atau membuat laporan keuangan misalnya, pastilah harus menggunakan Microsoft Office (Word dan Excel).
Microsoft office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi Windows. Perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, sudah mengalami banyak perubahan dan penambahan fasilitas, sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. waktu itu aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. pada versi tersebut Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint sebagai aplikasi presentasi dan Microsoft Mail yang digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah popular dengan Microsoft Office 3.0. pada tahun 1995-an Microsoft Corp. Kembali meluncurkan Microsoft Office 95 seiring dengan diluncurkannya sistem operasi Microsoft Windows 3. 11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC saat itu. Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office terus berkembang menjadi salah satu aplikasi perkantoran favorit dikalangan pengguna komputer di dunia, termasuk di Indonesia. Dan bahkan mengalahkan aplikasi pesaingnya yaitu Lotus. Sebagai catatan sebelumnya yang terkenal adalah Lotus. Tahun demi tahun Microsoft Corp. terus meluncurkan versi – versi baru Microsoft Office yang masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi Microsoft Office yang banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003. seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, Microsoft Corp. melahirkan generasi terbaru sistem operasinya, yaitu Microsoft Windows Vista, disaat yang bersamaan Microsoft Corp. kembali meluncurkan aplikasi perkantoran terbarunya yaitu Microsoft Office 2007 yang saat ini sudah beredar dimasyarakat komputer dunia.
Beberapa program yang terdapat dalam Microsoft Office adalah :
·         Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (Word Processor) yang biasanya digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan masih banyak lagi dokumen – dokumen lain yang bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.
·         Microsoft Excel
Microsoft Excel , yang disingkat Excel adalah program aplikasi yang banyak digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan mempersentasikan data dan pekerjaan dalam bentuk kolom-kolom. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan metode – metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam penyusunan data – data perusahaan, hasil – hasil penelitian, maupun dalam pembuatan makalah pribadi.
·         Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint merupakan keluarga dari Microsoft Office. Bila kita menginstall Microsoft Office secara lengkap, PowerPoint akan secara otomatis terinstall. PowerPoint adalah aplikasi yang sangat powerfull untuk membuat suatu presentasi mulai dari awal, atau menggunakan wizard yang telah disediakan.

Open Office.

Open office merupakan sebuah perangkat lunak (software) perkantoran yang berbasis linux dan yang didalamnya memuat fungsi pengolahan kata (wordprocessing), pengolahan lembar kerja (spread sheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, databes, serta formula editing dan yang dapat diperoleh secara gratis.
secara pengertian OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang bersifat Open Source, yang berarti kita bebas menggunakannya dengan tidak membayar sedikitpun alias Gratis. Dan dapat didownload disini
Paket tersebut termasuk komponen – komponen pengolah kata (word Processor), lembar kerja (Spreadsheet), presentasi, ilutrasi vector, dan gudang data (Database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office yang dapat dijalankan dalam berbagai Platform, termasuk Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice.org mendukung standar dokumen terbuka untuk pergantian data, dan dapat digunakan tanpa biaya.OpenOffice.org dibuat berdasarkan code dari Star Office, sebuah Office Suite yang dikembangkan oleh Star Division dan diakusisi oleh Sun Microsistems pada Agustus 1999. Code asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda : LGPL dan SISSI; dari versi 2.0, dia hanya tersedia dibawah LGPL.
Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai “OpenOffice”, tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil “OpenOffice.org” sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.
Microsoft office (Word, Excel, PowerPoint, dll) adalah paket aplikasi perkantoran yang dibuat Microsoft Corp. dan dikembangkan untuk dijalankan dibawah sistem operasi Windows.

Program Open Office

Open Office memiliki kesamaan dengan Microsoft Office. Kesamaan disini maksudnya adalah Open Office memiliki anak2 program yang fungsinya sama dengan anak2 program Microsoft Office. Mau tahu apa saja anak2 program Open Office yang memiliki kesamaan fungsi dengan Microsoft Office. Antara lain :
1)      Microsoft Office punya Microsoft Word, Open Office punya Open Office Writer.
Di Open Office Writer, Anda bisa menyelesaikan tugas pengetikan, tidak kalah menariknya dengan Microsoft Word, karena Open Office Writer juga menghadirkan fitur import gambar, tabel, header, footer, number page, chart dan fitur lainnya yang sama dengan Microsoft Word. Dengan tampilan yang cool dan fitur-fitur yang mudah untuk digunakan, dijamin Anda akan betah melakukan pengetikan.
2)      Microsoft Office punya Microsoft Power Point, Open Office punya Open Office Impress
Tertarik atau sering berkerja dalam dunia persentasi? Open Office Impress harus Anda coba. Impress mempunyai fitur yang menyerupai fitur Power Point tetapi dengan interface yang lebih mudah digunakan. Dengan program ini, Anda akan lebih terbantu dalam pembuatan animasi yang akan digunakan ketika Anda berpresentasi.
3)      Microsoft Office punya Microsoft Access, Open Office punya Open Office Base
Perkerjaan mengelola basis data biasanya kita serahkan pada Access, sekarang ada terobosan baru, bernama Open Office Base. Dengan OOB kita bisa membuat basis data dengan mudah dan tampilannya yang user friendly, Fiturnya juga sama dengan Access, terdapat Tables, Report, Query dan Form dengan fungsinya yang bisa Anda tebak jika Anda terbiasa menggunakan Access. Selain itu jangan khawatir mengenai perintah atau skripnya karena sama ketika Anda menggunakan Access.
4)      Microsoft Office punya Microsoft Excel, Open Office punya Open Office Calc
Keuangan suatu perusahaan atau bisnis perlu dibuat laporannya, tidak hanya keuangan, tetapi juga nilai raport siswa, absen karyawan, statistik kinerja tim, semuanya memerlukan laporan. Dan program yang kita kenal mudah untuk membuat laporan adalah Excel. Sekarang di Open Office, Anda akan menemukan program bernama Open Office Calc, program pembuat laporan. Dengan Calc Anda tidak terlalu dipusingkan cara pakainya jika Anda terbiasa menggunakan Excel, selain itu juga terdapat kesamaan perintah atau skrip dalam penggunaannya.


Fungsi Control dan Alt pada Open Office

Fungsi CTRL pada keyboard
Ctrl + A = Fungsinya untuk memblok seluruh dokumen (All)
Ctrl + B = Fungsinya memberika efek tebal pada huruf (Bold)
Ctrl + C = Fungsinya untuk mengcopy document (Copy)
Ctrl + E = Fungsinya untuk mengetengahkan document
Ctrl + I  = Fungsinya untuk memiringkan tulisan (Italic)
Ctrl + N = Fungsinya untuk membuka lembar baru (New)
Ctrl + O = Fungsinya untuk membuka document (Open)
Ctrl + P = Fungsinya untuk mencetak halaman (Print)
Ctrl + Q = Fungsinya untuk keluar secara cepat untuk Open Office (Quit)
Ctrl + R = Fungsinya untuk meratakan document sebelah kanan (Right)
Ctrl + S = Fungsinya untuk menyimpan document (Save)
Ctrl + U = Fungsinya untuk memberikan garis bawah pada kata (Open Office, Word, dll) (Underline)
Ctrl + V = Fungsinya untuk menempelkan kata yang sudah di copy (Paste)
Ctrl + X = Fungsinya untuk memindahkan kata (Cut)
Ctrl + Y = Fungsinya untuk mengembalikan apa yang sudah di Undo (Redo)
Ctrl + Z = Fungsinya untuk mengembalikan ke keadaan seperti sebelumnya. (Undo)
Fungsi Alt pada keyboard
Alt + F = Fungsinya untuk membuka File
Alt + E = Fungsinya untuk membuka Edit
Alt + V = Fungsinya untuk membuka View
Alt + I  = Fungsinya untuk membuka Insert
Alt + O = Fungsinya untuk membuka Format 
Alt + A = Fungsinya untuk membuka Table
Alt + T = Fungsinya untuk membuka Tools
Alt + W= Fungsinya untuk membuka windows
Alt + H = Fungsinya untuk membuka Help

 

Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint biasanya hanya disebut PowerPoint, adalah program presentasi  yang dikembangkan oleh Microsoft.Microsoft PowerPoint banyak dimanfaatkan oleh akademisi untuk menyampaikan kegiatan pembelajaran.  Pengguna Microsoft PowerPoint tidak terbatas pada kalangan akademisi, melainkan juga kesuluruh profesi yang memerlukan media presentasi. Berikut merupakan penjelasan dari menu yang terdapat dalam Microsoft PowerPoint.
13.Digunakan untuk mengaktifkan menu Home. Menu Home sendiri berisiaturan-aturan utama pada Microsoft PowerPoint 2007.
      14. Digunakan untuk mengaktifkan menu Insert.
15. Digunakan untuk mengaktifkan menu Design.
16. Digunakan untuk mengaktifkan menu Animations.
17. Digunakan untuk mengaktifkan menu Slide Show.
18. Digunakan untuk mengaktifkan menu Review.
19. Digunakan untuk mengaktifkan menu View.
1.      Digunakan untuk menjalankan perintah Save untuk menyimpan file.
2.      Digunakan untuk menjalanka perintah Undo.
3.      Digunakan untuk menjalankaperintah Redo.
4.      Digunakan untuk membuat file atau project baru.
5.      Digunakan untuk membuka file atau project yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
6.      Digunakan untuk menyimpan file atau project yang aktif.
7.      Digunakan untuk menyimpan file dengan nama lain.
8.      Digunakan untuk menampilkan kotak dialog Print (untuk mencetak).
9.      Digunakan untuk menampilkan pilihan Prepare Data , seperti pilihan Properti, Encrypt Document, dan sebagainya.
10.  Digunakan untuk mengirimkan objek yang telah dibuat langsung melalui email.
11.  Digunakan untuk melakukan publish presentation ke bentuk yang lain.
12.  Digunakan untuk mem-pub;ish data
13.  Digunakan menutup laman microsft power point

 

Fungsi control yang sering digunakan dalam Microsoft Power Point

CTRL+N : New Microsoft PowerPoint database,yaitu digunakan untuk membuat file presentation baru.
CTRL+O : Open Existing PowerPoint Presentation, untuk membuka file yang sudah ada.
ALT+F4 : Exit Microsoft PowerPoint, untuk keluar dari MS PowerPoint.
CTRL+P : Print current object, untuk mencetakobjek yang sedang aktif atau sedang dipilih.

CTRL+S atau SHIFT+F12: Digunakan untuk menyimpan File Microsoft Access database. 
F12 : Digunakan untuk mengaktifkan kotak dialog Save Asuntuk menyimpan file dengan nama yang lain.
CTRL+F :Digunakan untuk membuka Tab  Find pada kotak “Find and Replace” ketika MicrosoftPowerPoint sedang membukaPresentation atau Form view. 
CTRL+H : Digunakan untuk membuka Tab Replace pada kotak dialog “Find and Replace” ketikaPowerPoint sedang membukaPesentation atau Form view. 
Alt+G+S : Digunakan untuk mengatur page setup atau halaman presentation.
Alt+G+H : Digunakan untuk memilih tema yang akan digunakan untuk halaman presentation.
F5 : Berfungsi untuk menjalankan presentation dari awal.
Esc : Berfungsi untuk menghentikan presentation

 

Membuat Presentasi dengan Microsoft Power Point

Untuk memulai PowerPoint, langkah yang diperlukan adalah :
1. Jalankan MS Windows
2. Klik Start button, kemudian klik Program
3. Dalam menu Program, klik Microsoft PowerPoint
5. Dari kotak dialog pada , tentukan jenis Slide presentasi yang ingin dibuat
6. Klik OK
Untuk keluar dari PowerPoint, caranya adalah :
1. Klik menu File pada halaman utama PowerPoint
2. Pilih menu Exit
Open, Create, Save, Close presentasi
Open Presentasi
Bila Anda ingin membuka file presentasi yang telah ada sebelumnya, caranya :
1.    Dari Windows, klik Start
2.    Klik Program, lalu cari Microsoft PowerPoint (Klik)
3.    Setelah itu muncul kotak dialog, klik Cancel
4.    Pada halaman aplikasi PowerPoint, klik menu File, lalu klik Open
5.    Kemudian muncul kotak dialog berikut :
Create Presentasi
Halaman aplikasi PowerPoint mempunyai beberapa tipe yang defaultnya adalah Normal view. Berikut ini adalah gambar aplikasi PowerPoint dengan Normal view.
Langkah yang dilakukan untuk membuat slide presentasi :
·         Pada halaman baru dari PowerPoint, pilih tipe halaman slide yang hendak dipakai
·         Klik pada tempat yang Anda inginkan untuk menulis materi presentasi
·         Untuk menambah slide baru berikutnya, pilih Menu Insert, kemudian klik New Slide.
·         Proses 1 akan terulang lagi, dstnya.
Save Presentasi
Slide presentasi yang telah selesai dibuat, dapat disimpan ke suatu file dengan cara :
·         Klik menu File, kemudian klik Save As
·         Muncul kotak dialog seperti berikut :
·         Tentukan nama file yang akan disimpan beserta lokasi file tersebut
·         Klik OK.

Close Presentasi
Untuk keluar dari halaman aplikasi PowerPoint, langkahnya :
·      Pilih menu File
·      Klik tombol Exit

 

Menggunakan Template Presentasi

Untuk membantu Anda dalam membuat slide presentasi, Microsoft PowerPoint menyediakan Template Presentasi yang merupakan rancangan susunan halaman slide beserta background nya. Untuk menggunakannya Anda dapat menggunakan cara :
·         Mula-mula aktifkan MS. Windows
·         Klik Start button, lalu klik Program, lalu MS. PowerPoint
·         Ketika masuk ke halaman aplikasi PowerPoint, akan muncul Kotak Dialog
·         Untuk menggunakan Template Presentasi, Pilih Design Template
·         Klik OK, kemudian akan muncul macam-macam Template yang dapat Anda gunakan Pilih satu template yang sesuai dengan presentasi Anda, kemudian Klik OK
·         Selanjutnya muncul kotak dialog Pilih Kerangka Halaman Slide lalu pilih, Klik OK.
·         Slide Anda muncul dengan memakai template yang telah Anda pilih

Inserting (picture, table, object)

Bila Anda butuh menyisipkan gambar, table, ataupun objek dalam slide presentasi, Anda dapat melakukannya dengan cara :
1. Pilih menu Insert
2. Pilih jenis yang mau Anda sisipkan (Picture, Table, Object)
·      Insert Picture selanjutnya akan meminta Anda memilih gambar yang akan disispkan
·      Insert Table akan meminta Anda menentukan ukuran table
·      Insert Objek akan meminta Anda mendefinisikan objek yang akan Anda sisipkan

Membuat Animasi Presentasi

PowerPoint juga menyediakan fasilitas yang dapat membantu Anda membuat slide presentasi menjadi lebih hidup, dengan cara memberikan animasi pada presentasi. Caranya adalah :
·      Anda harus berada di Slide yang hendak Anda beri animasi
·      Klik menu Slide Show
·      Pilih Custom Animation, kemudian keluar kotak dialo

Demikianlah sekilas tentang ilmu dasar dari Microsof Offics semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments